25.9.10

Biologi+Ilmu Sosial = Sosiologi?

Assalamualaikum.

Pada suatu hari.

Guru: "Kamu mau ambil jurusan apa nanti kuliah?"
Gue: "Hubungan Internasional."
Guru: "Okey kalo begitu kamu pastinya penjurusan ambil IPS dong"
Gue: "Oh begitu ya..."

*speechless*

Di saat yang lain.

Papa: "Kamu penjurusan ambil IPA atau IPS?"
Gue: "Belum tau pa"
Papa: "IPA lah. Buat apa di sekolahin mahal mahal cuma dapet IPS?"
Gue: "Oh begitu ya..."

*speechless*

lagi.

Dan hal ini dari hari ke hari semakin memberatkan pikiran gue. Mungkin begitu juga untuk sebagian kalian. Yah, terlalu banyak pertanyaan di kepala gue tentang ini semua. Yayaya gue emang masih terbilang baru di SMA dan juga masih kelas 10. Tapi, emangnya salah ya berpikir jauh ke depan?

Emangnya bedanya apa sih antara IPA sama IPS? Sama sama belajar kan? Yang beda cuma apa yang dipelajarin? Kalo kata orang orang ya... anak IPA itu...
1. Pinter
2. Gampang cari perguruan tinggi
3. Sayangnya, gak segaul anak IPS

Sementara itu, di sisi lain ada yang bilang kalau anak IPS itu...
1. Kelas yang selalu dibawah IPA
2. Anaknya gak serius
3. Lebih gaul dari anak IPA

Well, sebetulnya bukan masalah gaul enggaknya gue nanti. Tapi.... gimana gue kedepannya nanti. Menurut guru gue, karena gue mau ambil HI jadi gue lebih baik fokus di IPS. Kata bokap gue, walaupun ambil jurusan apapun kuliah nanti kalo gue anak IPA pasti gampang kemana mana. Sementara nyokap gue... Labil. Kadang bilang ke gue kalo anak IPS itu sama aja, tapi kadang juga bilang kalo anak IPA emang gampang keterima dimana mana.

Ah nggak tau lagi deh gue. Kalo gue mentok dapetnya IPS ya gue syukurin lah, tapi gimana kalo gue dapet IPA? Bakal banyak pilihan pilihan ganda di hidup gue, bukannya emang selalu begitu? Kalo pendapat gue sendiri, IPA bener-bener-bukan-otak-gue-banget. Karena apa? Kita ambil contoh ulangan Fisika. Gue harus belajar dari 3 malam sebelumnya, dan lo pasti semua tau gue adalah kukang. Paling males soal ajar-belajar. Sementara IPS? Alhamdulillah berbekal belajar sejarah 10 menit sebelum ulangan gue dapet nilai 90.

Tapi yasudahlah jalanin dulu aja. Maafkan kelabilan posting gue yang satu ini. Oiya doain gue, insya allah pengen ikutan semacem pembekalan atau entah apalah itu untuk olimpiade ekonomi. Ya... iseng lah itung itung ngasih pelajaran ke bokap kalo IPS juga punya olimpiade *plak*.

Sekian.
Wassalam.
-B.

1 komentar: